PU Socket : Intel Socket LGA1366 / 1156 / 775, AMD Socket AM3/AM2+/AM2
CPU
Support Intel: Core i7 Extreme / Core i7 / Core i5 / Core i3 /
Core2 Extreme / Core2 Quad / Core2 Duo / Pentium / Celeron
CPI
Support AMD: Phenom II X4 / Phenom II X3 / Phenom II X2 / Phenom X4 /
Phenom X3 / Athlon II X4 / Athlon II X3 / Athlon II X2 / Athlon X2
/ Athlon / Sempron
Dimension : 131 x 120 x 165 mm (5.2 x 4.7 x 6.5 inch)
Weight : 939g
Heat Sink Material : Copper base / 55 x 0.3mm Aluminum fins / 6 heatpipes
Fan Dimension : 120 x 120 x 25 mm (4.7 x 4.7 x 1 inch)
Fan Speed : 800 2200 RPM (PWM)
Fan Airflow : 34.02 93.74 CFM
Fan Air Pressure : 0.43 - 3.30 mm H2O
Bearing Type : DynaLoop Bearing
Fan Life Expectancy : 40,000hrs
Fan Noise Level : (dB-A)\t15 38 dBA
Connector : 4-pins
Heat Pipes Dimensions : ø6mm
Rated Voltage : 12 VDC
Start Voltage : 6 VDC
Operating Voltage : 6 13.2 VDC
Rated Current : 0.45A (0.7A Max.)
Input Power : 5.4W (8.4W Max.)
UNBOXING
Langsung
aja gwe potret proses unboxing boss, kelengkapan yang akan diterima
untuk installasi. Cooler ini cukup besar dan masuk kategori high
performance plus desain gahar ala mesin V6
V6 GT
INSTALASI
Buat
install kita perlu bongkar 2 fan dari casing heatsink. Cara bongkarnya
amat mudah dengan pengait fan ke heatsink berupa clip system. Kita juga
photo detil spesifikasi fan (total dari Cooler Master kasih 2 buah fan).
Dan satu lagi mengenai bongsornya fan ini memakan slot RAM pertama di
motherboard tertentu. Installasi unit V6 GT ini kita nilai average mudah
namun harus dipasang di luar casing karena tuntutan pemasangan back
plate.
PERFORMA
Test system
Intel Core i5 661 Overclocked 4160MHZ
ASRock P55 Pro/USB3
Cooler Master GX 750W PSU
Sapphire HD 5750 Vapor X 1GB
2x2GB DDR3
Tanpa casing suhu ambient room 28C
Melawan Cooler Master V8
Result dengan OCCT Linpack Intel Burn Test yang suhunya jauh lebih panas dari game skenario peak maximum.
V6 GT Min Temp = 25
V 8 Min Temp = 26
V6 GT Max Temp = 55
V8 GT Max Temp = 58
LED V6 GT
Dengan menekan tombol Cooler Master pada heatsink maka V6 GT ini mampu berubah warna LED merah-biru-ungu cocok untuk yang suka modding.
KESIMPULAN
Performa V6 GT lebih bagus daripada kakaknya V8
Hembusan angin dari 2 fan V6 GT sangat kencang yang kita rasakan tapi masih silent, bagus untuk menambah fungsi air flow
Kisaran harga V6 GT ke depan diset tidak jauh dari V8 dengan performa yang lebih bagus dari V8, desain lebih cakep dan bonus desain 2 fan untuk menambah OK airflow
Tapi ukurannya yang ternyata amat lebar perlu juga diperhatikan boss, cocoknya buat casing-casing mid tower ke atas. Kemarin kita test di casing Centurion 5 II juga masuk ngepas