Review VGA NVIDIA ASUS GTX 680

Review VGA NVIDIA ASUS GTX 680


Perilisan GeForce GTX 680 pada akhir bulan Maret yang lalu memang berbuah manis bagi salah satu perusahaan graphics card terbesar di dunia ini. Graphics card ini mampu memosisikan diri sebagai graphics card single-GPU terkencang menggantikan Radeon HD 7970. Tidak hanya itu, posisinya pun ternyata masih sulit tergoyahkan meskipun AMD telah meluncurkan Tahiti XT dengan clock GPU sebesar 1GHz. Performance/Watt dan feature gaming siap pakai khas NVIDIA memang menjadi senjata andalan graphics card ini sehingga tidak aneh jika banyak pengguna maupun gamer memimpikan graphics card dengan kisaran harga US$500 ini berada di dalam sistem mereka.

Berselang beberapa minggu setelah pengumuman perilisan GeForce GTX 680, produsen partner NVIDIA ternyata sudah bersiap merilis versi non-reference dari graphics card dengan chip GPU GK104 ini. Salah satu produsen tersebut adalah ASUS dengan lini graphics card seri DirectCU II. Performa sistem pendingin DirectCU II andalan ASUS ternyata tidak kalah mengesankan seperti performa gaming-nya. Sistem pendingin ini mampu membuat ASUS GTX 680 DirectCU II TOP bekerja pada temperatur kerja lebih rendah dibandingkan GeForce GTX 680 reference meskipun spesifikasi clock yang digunakan lebih tinggi. Meskipun begitu, penggunaan sistem pendingin ini berimabs pada membengkaknya ukuran fisik graphics card sehingga menyita tiga slot ekspansi pada motherboard.

Spesifikasi ASUS GTX 680

Chip : NVIDIA GTX 680
Interface : PCI Express 3.0 x16
Memory Size : 2048 MB
Core Clock : 1137 MHz
Memory Clock : 6008 MHz
Stream Processor : 1536
D-Sub Output : Tidak Ada
DVI Output : Ada
HDMI Output : Ada
Display Port Output : Ada
mini-Display Port Output : Tidak Ada
Memory Type : GDDR5
Memory Interface : 256-bit

Sayangnya pihak ASUS tidak menyediakan konverter DVI to D-Sub, tapi kita mendapatkan Artikel atau tata cara overclocking yang lengkap. Berbagai keunggulan performa dan juga sistem pendingin DirectCU II mengharuskan anda membayar lebih mahal dibanding GeForce GTX 680 reference. Tetapi harga yang anda bayar sebanding dengan kepuasan yang anda dapat. Jadi, apakah anda tertarik untuk membelinya ??