AMD Siapkan Project “Sumatra” Bersama Oracle


Perusahaan pembuat chip prosesor dan graphics card AMD, akan bekerja sama dengan Oracle perusahaan yang dikenal dengan aplikasi database-nya, untuk mengerjakan Project “Sumatra”.
Proyek yang menggunakan nama salah satu pulau di Indonesia ini bukanlah kode sandi untuk sebuah chip yang akan diproduksi AMD untuk para home user  (contoh: “Lombok”). Melainkan proyek yang akan meng-implementasikan kemampuan dari sebuah akselerasi GPU untuk mengelola komputasi sebuah server dan juga cloud berbasis Java. Jika pada umumnya sebuah server hanya mengandalkan kemampuan dari sebuah prosesor saja, diharapkan dengan Project Sumatra ini bahasa pemrograman, Application Program Interface (API), dan Java virtual machine agar bekerja lebih efisien dengan memanfaatkan “raw power” dari sebuah graphics card, baik itu graphic card onboard (APU) ataupun graphics card AMD kelas atas.
Manju Hegde, Corporate Vice President Heterogeneous Applications and Developer AMD mengatakan bahwa proyek OpenJDK ini merepresentasikan langkah selanjutnya untuk membawa komputasi heterogen kepada jutaan developer yang menggunakan Java. Sebelumnya juga AMD sudah pernah bekerja sama dengan komunitas open-software development mulai dari OpenCL sampai dengan Heterogeneous System Architecture (HSA) foundation, dan dengan inisiatif yang dilakukan AMD ini diharapkan dapat membantu pengembangangan pengguna Java (developer) dengan menggunakan akselerasi GPU, dikatakan Manju Hedge.