Lagi, AMD buat Harga Prosesor Llano FM1 Menjadi Lebih Murah


Nama ‘AMD’ akhir-akhir ini sering dihubung-hubungkan dengan hal ‘potong harga’. Bagaimana tidak? Belum lama ini AMD memangkas harga sebagian besar prosesor mereka, mulai dari seri Phenom, FX ‘ Bulldozer’, dan juga Llano. Tidak lama kemudian, AMD sempat pula menurunkan harga beberapa VGA Hi-Endnya.
Serasa masih belum cukup, kini AMD umumkan lagi bahwa mereka akan memotong harga prosesor FM1 ‘Llano’-nya. Penurunan harga tersebut antara lain :

  • APU FM1 ‘Llano’ A4-3300 , dari US$ 46 menjadi US$ 30
  • APU FM1 ‘Llano’ A4-3400, dari US$ 48 menjadi US$ 35
Dengan harga demikian, AMD FM1 Llano dual-core A4 Series tersebut akan menjadi sangat kompetitif di kelasnya. Melihat performa AMD A4-3400 yang pernah kami review disini, performa prosesor tersebut akan sulit ditandingi oleh prosesor Intel Celeron single-core Sandy Bridge (seri G4xx) yang harganya serupa, belum lagi mengingat kalau AMD Llano A4 masih dilengkapi dengan sebuah GPU terintegrasi yang cukup powerful untuk sebuah APU entry-level.
Memang, selama ini prosesor AMD soket FM1 jarang dilirik oleh sebagian besar pengguna PC di Indonesia karena upgrade path platform FM1 sangatlah minim, dan karena hal tersebut, lebih banyak user yang mungkin langsung memilih platform FM2 yang disinyalir tetap kompatibel dengan APU AMD generasi berikutnya. Tapi menurut kami, pemotongan harga ini setidaknya membuat platform FM1 murah kembali menarik dari sisi harga.
Coba hitung, sebuah A4-3300 (USD 30), digabung dengan motherboard FM1 A55 murah (550 ribu-an), RAM 2x2GB DDR3-1600 (250 ribu-an), SSD 60GB ( 600 ribu-an), dan Casing ATX + PSU 350W ( 300-ribuan). Kita bisa membuat sebuah PC dengan harga 2 Juta Rupiah lebih sedikit! Opsi yang menarik bagi calon pembuat warnet, bukan? *Yah, walaupun kami tidak yakin ada warnet yang mau memakai SSD meski sudah cukup murah :p *
Saat artikel ini dirilis, prosesor AMD A4-3300 dijual di kisaran 480 ribu – 500 ribu rupiah. Mari kita berharap semoga penurunan harga ini akan segera berlaku di Indonesia.