Mengembalikan File MMC atau Flash Disk yang Terhapus

Salam Mafia…!! Setelah di bisingkan oleh hiruk pikuk keramaian kota,Mafia pulang dan menyalakan Notebook untuk memindahkan sebuah file dari Cruzer® Fit™ USB Flash Drive ke dalam sebuah folder yang ada di notebook Mafia.Karena terlelah dari pulang kerja tiba-tiba dan tanpa sengaja Cruzer® Fit™ USB Flash Drive terformat semua datanya,Oh My God……!!! dengan perasaan yang sedikit kaget Mafia akhirya berusaha menenangkan diri dan memikirkan cara untuk mengembalikan data yang telah terformat.
Tidak terlepas dari bantuan si Mbah Google akhirnya mafiapun menemukan jalan yang tepat untuk mengembalikan data ataupun file mafia yang sudah terformat dan hilang.Sebelum mafia berbagi pengalaman cara mengembalikan data yang hilang dari flash disk ataupun MMC,akan terlebih dahulu mafia berikan penjelasan bahwa Sebenarnya Windows tidak benar-benar menghapus data seperti ketika kita menhapus isi papan tulis. Yang dilakukann windows hanyalah menghapus index file tersebut dari flash disk, Index itulah yang berisi informasi letak suatu file di flash disk.
Index berfungsi untuk memetakan letak file dalam flash disk. Coba bayangkan tanpa sebuah index, OS akan sangat kesulitan bekerja. Misalnya OS membutuhkan sebuah file, tanpa sebuah index OS tidak akan tahu lokasi sektor dari file tersebut, mengingat ada jutaan sektor dan ribuan data di sebuah flash disk, dan semua data itu hanya berbentuk 0 dan 1. Dengan index, OS bisa mengenali file-file yang ada di harddisk sekaligus mengaksesnya dengan cepat. kembali ke penghapusan data. Bila index file sudah di hapus, maka OS akan menganggap file tersebut tidak ada, itulah yang pengguna komputer anggap sebagai dihapus Meski pada kenyataannya isi file tersebut masih utuh di flash disk. Itulah sebabnya proses menghapus data bisa lebih cepat daripada menulis data, meski dengan ukuran file yang sama.
Sekarang Mafia akan memberikan langkah bagaimana cara mengembalikan file di flash disk yang hilang atau terhapus.
Magic Recovery :

  • Siapkan software MagicRecovery Professional v3.5 dan instal di notebook kawan mafia.
  • langsung saja klik app MagicRecovery Professional v3.5 untuk menginstalnya.
  • kemudian pilih drive dari flash disk kawan mafia dengan cara klik button Open Drive, misalnya drive hardwaremafia(G).
  • setelah masuk di dalam directori flash disk,kawan mafia tinggal klik tombol find lost data.maka secara automatis sofware akan mencari semua data yang telah hilang.
  • tunggu beberapa menit maka data yang hilang akan kembali lagi dan kawan mafia bisa save di folder baru.Selain itu kawan mafia juga bisa memilih file-file mana saja yang perlu di kembalikan dan file-file mana saja yang tidak perlu di kembalikan.
  • setelah semua file penting dapat di kembalikan,kini giliran kawan mafia memindahkan kembali file tersebut ke dalam flash disk yg terformat tadi.
Mengembalikan File MMC atau Flash Disk yang Terhapus